8 Destinasi Wisata Taman Bunga Terindah yang Ada di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi

wisata taman bunga
8 Destinasi Wisata Taman Bunga Terindah yang Ada di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi

8 Destinasi Wisata Taman Bunga Terindah yang Ada di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi  – Apakah Anda seorang pecinta bunga yang selalu ingin menanam berbagai macam bunga di pekarangan? Selalu merasa tenang dan damai jika dikelilingi banyak bunga? Jika iya, mungkin Anda tidak mau melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke 8 taman bunga yang ada di Indonesia ini. Berikut adalah 8 Destinasi Wisata Taman Bunga Terindah yang Ada di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi :

  1. Taman Bunga Dataran Tinggi Dieng

Letak dataran tinggi Dieng yang cukup tinggi menghasilkan kondisi lingkungan yang tepat bagi berbagai macam bunga untuk tumbuh. Dataran tinggi Dieng memiliki sebuah kebun bunga yang letaknya di puncak Gunung Prau, dengan ketingian sekitar 2500 meter di atas permukaan laut. Karena terletak cukup tinggi, maka cukup jarang orang yang mengunjunginya. Pengunjung terlebih dahulu harus mendaki gunung untuk menikmati keindahan taman bunga yang dibentuk oleh alam ini. Namun jangan khawatir, karena lelah akibat pendakian akan terbayarkan setelah menatap hamparan bunga berwarna-warni yang sangat luas.

  1. Taman Bunga Nusantara, Cianjur

Untuk Anda yang tinggal di Jawa Barat, tentunya tidak asing lagi dengan Taman Bunga Nusantara yang letaknya di Cianjur ini. Karena memang dibuat untuk tujuan komersial, maka tumbuhan dan berabgai bunga di Taman Bunga Nusantara sangat terawat dan dibentuk dengan rapi. Sejauh mata memandang Anda akan menyaksikan petak-petak yang diisi dengan satu jenis bunga, serta berbagai pohon yang dibentuk secara unik.

Tepatnya kebun bunga ini beralamat di Jalam Mariwati KM 7, Desa Kawangluwuk Kecamatan Sukaresmi, Cianjur. Taman Bunga Nusantara dibuka setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga 17.00. Untuk menikmati keindahan bunga disini, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 30.000,- per orangnya. Terdapat pula fasilitas Dotto Trains dan Garden Trem untuk berkeliling tanpa mengeluarkan banyak tenaga, namun tentunya dengan tambahan biaya.

  1. Taman Bunga Begonia, Lembang

Kultur iklim Lembang yang terletak di dataran tinggi pun membuat berbagai tumbuhan dapat tumbuh subur, seperti halnya bunga-bunga yang tumbuh di Taman Bunga Begonia. Terletak di Jl. Maribaya No. 120 A, kebun bunga Begonia buka setiap hari dari 08.00-17.00. Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau, hanya dengan Rp. 10.000 rupiah, Anda sudah bebas menikmati keindahan berbagai bunga serta mendapatkan bonus berupa es lilin atau minuman bersoda.

Cukup banyak spot untuk berfoto yang menarik di kebun bunga satu ini, misalnya di depan bunga cinta, di hamparan bunga berwarna-warni, gerbang dengan ikon tulisan “Kebun Begonia”, dan masih banyak lagi. Karena keindahannya pula, mulai banyak para pasangan yang melaksanakan sesi foto pre-wedding di taman bunga Begonia.

  1. Taman Bunga Selecta, Malang

Anda yang tinggal di Jawa Timur mungkin sudah tidak asing lagi mendengar nama Taman Bunga Selecta di Malang yang memang terkenal sebagai tempat yang sangat sejuk dengan hamparan bunga berwarna-warni. Kebun Bunga Selecta sebetulnya merupakan bagian dari Taman Rekreasi Selekta yang terletak di Kota Wisata Batu, Jl.Raya Selecta No.1, Desa Tulung Rejo, Bumiaji. Taman bunga yang satu ini buka dari mulai jam 06.00 pagi hingga 18.00 sore.

Memasuki taman bunga Selecta, terlebih dahulu Anda harus membayar sebesar Rp.25.000,- untuk menikmati berbagai bunga dari yang umum dijumpai hingga berbagai bunga langka. Salah satu jenis bunga yang paling mendominasi di kebun bunga Selecta adalah bunga kana yang berwarna merah dan kuning. Tentunya Anda tidak diperbolehkan untuk memetik bunga yang ada di sini, namun memandangnya saja sudah dapat menyegarkan mata dan menghilangkan lelah serta penat yang menumpuk.

  1. National Orchid Garden, Bali

Taman bunga yang satu ini memang cukup berbeda, karena tidak ada hamparan bunga yang tingginya merata di suatu petak seperti kebun bunga lainnya. Bunga yang ditanam pun cukup spesifik seperti pada namanya, yaitu bunga anggrek. Berbagai macam anggrek dari mulai anggrek bulan hingga anggrek hutan dapat Anda temukan di tempat ini. Tempatnya tidak terlalu luas, namun cukup lapang untuk memanjakan diri Anda di tengah mekarnya berbagai bunga anggrek yang digantung.

Jika ingin berkunjung ke Taman Nasional Anggrek ini, Anda harus mencapai Bypass Kusamba 1, Tohpati, Jl. By Pass Ngurah Rai Tohpati, Kesiman Kertalangu, Denpasar, Bali. Walaupun bisa dibilang cukup baru (didirikan tahun 1998), namun bisa dibilang kebun bunga yang satu ini cukup banyak dicari oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

  1. Taman Bunga Sakura, Cibodas

Siapa bilang bunga sakura hanya bisa dinikmati di negeri Jepang? Buktinya, kumpulan pohon sakura yang ditumbuhkan di daerah Cibodas ini pun dapat dinikmati keindahannya. Bunga sakura di taman bunga Sakura Cibodas ini akan mekar sekitar bulan Januari-Februari dan Agustus-September, namun terkadang mekarnya tidak merata antara satu pohon dengan pohon lainnya, namun tetap elok dipandang. Apalagi jika Anda beruntung datang disaat bunga sedang banyak mekar dan kelopaknya mulai berjatuhan, rasanya seperti bukan di Indonesia!

Taman bunga sakura ini terletak di dalam Kebun Raya Cibodas , di Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Anda bisa menikmati alam di kebun raya ini pada pukul 08.00-17.00, dengan tiket masuk yang amat terjangkau, yaitu Rp. 9.500,- per orangnya.

  1. Taman Bunga Cihideung, Bandung

Satu lagi kebun bunga yang terletak di Jawa Barat, yaitu Taman Bunga Cihideung. Wisata bunga yang satu ini terletak di Jalan Terusan Sersan Bajuri No.37, Cihideung, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat. Tidak ada tiket masuk khusus, karena wisata bunga ini letaknya memang di sepanjang jalan yang juga penuh dengan para penjual bunga. Berbagai macam bunga mulai dari mawar, bunga matahari, anggrek, dan lainnya yang berwarna-warni dapat Anda bawa pulang, namun tentunya dengan membelinya terlebih dahulu. Karena memang sepanjang jalan dipeuhi bunga, maka jadilah warga sekitar menamakannya Taman Bunga Cihideung.

  1. Kebun Mawar Gumur Sidomulyo, Malang

Mawar menjadi salah satu bunga yang paling laris. Sebagai perlambang cinta kasih, banyak orang meghadiahkan bunga mawar kepada orang tersayang di hari spesial. Bagaimana jika Anda mengunjungi saja kebun mawar dengan ribuan bunga yang mekar untuk merayakan hari spesial tertentu? Seperti salah satu tempat di Sidomulyo, Malang yang memiliki kebun mawar ini.

Terletak di dataran tinggi dengan ketinggian 1000 mdpl, berbagai warna bunga mawar tumbuh di kebun bunga ini. Asyiknya lagi, Anda bisa memetik sendiri dan membawa pulang bunga mawar terbaik yang ada di kebun tersebut, hanya saja Anda perlu membayarnya sebelum dibawa pulang. Memang Desa Sidomulyo di kota Malang ini menjadi salah satu sentra pembudidayaan bunga mawar terbesar di Jawa Timur.

Itulah tadi 8 Destinasi Wisata Taman Bunga Terindah yang Ada di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi untuk Anda para pecinta bunga. Ada yang belum Anda kunjungi? Yuk, sempatkan membawa diri Anda ke tengah hamparan bunga yang menyegarkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *