Taman Anggrek Ragunan, Destinasi Wisata Anggrek

taman anggrek ragunan
Objek Wisata Taman Anggrek Ragunan Jakarta, Destinasi Wisata Yang Cocok Untuk Pecinta Anggrek

Objek Wisata Taman Anggrek Ragunan Jakarta, Destinasi Wisata Yang Cocok Untuk Pecinta Anggrek  – Anggrek adalah salah satu bunga yang tumbuh baik di negeri tropis termasuk di Indonesia. Bagi para pecinta bunga anggrek, tentunya menjadi kepuasan tersendiri ketika berada di sebuah kebun yang dipenuhi tanaman anggrek yang serentak mekar dengan indahnya.

Namun, di perkotaan agaknya jarang ditemukan taman bunga anggrek yang bisa menyegarkan mata dan pikiran, apalagi di ibukota Jakarta. Tahukah Anda bahwa di kota metropolitan ini ternyata ada taman anggrek yang dipenuhi dengan bunga yang sedang mekar dan bisa Anda nikmati? Jika belum pernah mendengarnya, mari simak ulasan taman anggrek di kawasan Ragunan berikut.

Sejarah Taman Anggrek Ragunan

Taman anggrek ragunan ini sudah ada semenjak tahun 1970-an. Dari yang awalnya hanya beberapa pedagang saja, kini sudah terdapat puluhan pedagang yang siap untuk melayani permintaan pengunjung untuk bunga anggrek. Awalnya, kawasan Ragunan dipilih karena cukup kondusif untuk pertumbuhan bunga anggrek. Namun kian hari Jakarta semakin padat dan lingkungannya pun semakin buruk dan membuat pembudidayaan anggrek cukup terhambat.

Akhirnya, para pedagang pun memindahkan lokasi budidaya anggrek ke daerah yang masih lebih baik kondisi lingkungannya seperti Bogor dan Sukabumi. Setelah anggrek cukup besar dan kuat, barulah kemudian tanaman anggrek dibawa menuju taman anggrek ragunan untuk dijajakan. Hal ini juga dilakukan karena berdasarkan pengalaman para pedagang, budidaya anggrek di Ragunan memakan waktu 5 bulan, sementara di daerah lain bisa hanya memakan waktu 2 bulan.

Kini, taman anggrek Ragunan sudah berkembang hingga memiliki luas sekitar 5 hektar yang terbagi dalam 42 kavling untuk para pengoleksi anggrek. Satu buah kavling di taman bunga anggrek ini disewakan untuk para pedagang dan pembudidaya anggrek dengan luas sekitar 800-1000 m2 per kavling

Lokasi dan Fasilitas Taman Anggrek Ragunan

Untuk mencapai taman anggrek Ragunan, Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 menit dari pintu gerbang utama kebun binatang Ragunan. Walaupun rata-rata orang pergi ke Ragunan untuk berwisata di taman Margasatwanya, namun tak sedikit pula yang akhirnya tertarik untuk mengunjungi taman anggrek di dekatnya. Apalagi taman bunga anggrek ini pengunjungnya tidak seramai kebun binatang, sehingga lebih menenangkan sebagai tempat rekreasi sambil berfoto.

Taman anggrek ragunan tepatnya terletak di Jl. Kebagusan Raya, RT/RW 01/007, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dengan harga tiket masuk yang luar biasa murah, yaitu hanya Rp.1000,- per orang, Anda sudah bisa menikmati keindahan berbagai varian bunga anggrek yang ditanam di dalamnya. Bahkan jika berminat, pengunjung dapat membeli tanaman anggrek yang ada untuk ditumbuhkan sendiri di rumah. Di taman anggrek ini, harga tanaman anggrek disesuaikan dengan varietas dan kelangkaannya, namun harganya berkisar antara Rp 25.000,- hingga Rp 75.000,-.

Tinggal pilih saja, karena taman anggrek yang satu ini memang cukup lengkap koleksinya, mulai dari anggrek bulan yang paling banyak dicari penggemar anggrek, anggrek vanda, anggrek bodong sowor, Phalaenopsis, Dendrobium, Cattleya, Oncidium, dan masih banyak lagi. Warna-warni anggrek mulai dari warna putih, ungu, kuning yang berjejer akan segera memanjakan mata Anda ketika masuk ke dalam taman anggrek Ragunan.

Hingga saat ini, tidak hanya tanaman anggrek saja yang dikembangkan di taman anggrek ragunan. Beberapa tanaman yang sedang hits dan populer seperti misalnya anthurium dan adenium juga ikut dijajakan untuk para pecinta tanaman. Walaupun begitu, karena dikelola oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Dinas Kelautan dan Pertanian UPT. Pusat Promosi dan Pemasaran Hasil Holtikultura), para pedagang tetap diwajibkan untuk menomorsatukan tanaman anggrek sehingga lebih dominan dan mencegah kelangkaan di taman anggrek ini.

Untuk Anda yang sudah tidak sabar mengunjungi taman anggrek Ragunan, datanglah setiap hari pada rentang waktu jam 08.00 pagi hingga jam 17.00 sore. Biasanya para pedagang sudah siap memamerkan hasil budidaya anggreknya mulai dari jam 9 dan Anda bisa lebih leluasa untuk mengamati anggrek yang ada. Disamping itu, taman anggrek Ragunan juga terbilang memiliki fasilitas yang cukup lengkap, terdapat mushala, toilet, kantin, ruang pameran, serta ruang pertemuan dan tempat parkir yang leluasa. Kendaraan roda empat akan ditarik retribusi sebesar Rp.2000,- saat memarkir kendaraannya di depan taman anggrek ragunan.

Demikianlah ulasan mengenai Objek Wisata Taman Anggrek Ragunan Jakarta, Destinasi Wisata Yang Cocok Untuk Pecinta Anggrek. Yuk, agendakan akhir pekan ini berkunjung ke tempat yang terbilang jarang di daerah perkotaan seperti Jakarta ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *