Nutrisi Ibu hamil bulan ke 1 sampai ke 9 kehamilan

nutrisi Ibu hamil
Standar Nutrisi Ibu hamil dari bulan ke 1 sampai ke 9 kehamilan

Nutrisi selama kehamilan sangat penting, janin sehat, anak cerdas ingin memiliki diet yang masuk akal selama kehamilan. Anda dapat melihat lebih dekat diet kehamilan standar untuk setiap bulan kehamilan untuk mendapatkan pengetahuan kehamilan yang berguna yang akan membantu bayi Anda tetap sehat baik untuk ibu dan bayinya.

Pentingnya masalah nutrisi selama kehamilan.

Ibu hamil ingin memiliki bayi yang sehat dan cerdas tanpa merusak kesehatan ibu.Wanita hamil, jika tidak terserap nutrisi sepenuhnya, akan mengurangi resistansi, meningkatkan risiko penyakit menular, mempengaruhi perkembangan janin, mengurangi perkembangan intelektual anak dan Bagian lain, yang menyebabkan kelahiran prematur atau kelahiran.

Berapa berat badan yang cukup untuk kehamilan?

Ditemukan bahwa kenaikan berat badan dikaitkan dengan berat bayi saat lahir.

Berat badan selama kehamilan tergantung pada apakah ibu kurus, sedang atau berat sebelum hamil [berdasarkan indeks massa tubuh (BMI)].

  • Meningkat dari 12,5 menjadi 18 kg dengan ibu dengan berat badan rendah.
  • Tingkatkan 7 sampai 11.5kg untuk ibu gemuk.
  • Rata-rata ibu meningkat dari 12 menjadi 15kg

Standar diet bulanan selama kehamilan

1 / Nutrisi ibu hamil bulan pertama

Bulan pertama kehamilan, tubuh mulai berubah, hormon hormon meningkat, membuat Anda sering merasakan mual dan ketidaknyamanan perut. Ini adalah tanda morning sickness. Saat ini, sulit untuk menggabungkan makanan dengan baik dan membantu menenangkan kehamilan. Jangan khawatir, buka kelopak mata untuk tips tipuan wanita ideal:

  • Tambahkan camilan kaya karbohidrat selama 15-20 menit sebelum bangun tidur. Miliki segelas biskuit asin, kacang-kacangan, sereal atau buah kering di bagian belakang tempat tidur Anda.
  • Bagi 3 makanan utama menjadi 6 porsi kecil sehari.
  • Pilih makanan yang mudah dicerna, campurkan makanan bertepung dengan sumber protein tanpa lemak dari ayam dan ikan. Jangan lupa tambahkan susu rendah lemak dan tambahkan produk susu di pagi hari dan di malam hari.
  • Minum air putih di sela waktu makan, tapi tidak dengan makan.
  • Hindari makanan berlemak, digoreng, berminyak, manis atau pedas. Makanan ini hanya membuat mual pagi Anda semakin parah!

Pada bulan pertama ini, dokter Anda biasanya merekomendasikan untuk mengkonsumsi asam folat. Suplemen ini sangat penting untuk perkembangan janin. Anda juga bisa menambahkan makanan kaya folic seperti sayuran hijau tua, roti dan biji-bijian, dan kacang-kacangan. Pada bulan pertama kehamilan, sama sekali tidak makan makanan mentah seperti telur mentah, daging babi, sashimi …

2 / Nutrisi ibu hamil bulan kedua

Berat badan selama kehamilan adalah apa yang ibu perlu ketahui. Pada 3 bulan pertama kehamilan, Anda hanya perlu menambah 1-2kg, atau kadang kala hanya 0.4kg-1.7kg yang cukup oke, karena banyak ibu karena “penyiksaan” morning sickness, berat badan.

Mengenai masalah makan untuk keduanya, ibu harus mendefinisikan ulang masalahnya. Tidak harus makan dua kali, tapi harus makan ekstra untuk memastikan asupan kalori harian meningkat sekitar 300. Karena itu, daripada memperhatikan ukuran makanannya, sebaiknya jaga kualitas makanan Anda.

Makanan dalam makanan untuk kehamilan beragam, dan termasuk dalam kelompok makanan penting: biji-bijian, roti, sayuran, buah-buahan, susu, produk susu, daging dan kacang-kacangan. Selain itu, cobalah untuk membatasi makanan kalori, lemak dan gula Anda. Asam folat masih memainkan peran penting bulan ini. Juga, ingatlah untuk minum 2 susu rendah lemak sehari, karena ini adalah sumber kalsium yang hebat.

3 / Nutrisi ibu hamil bulan ketiga

Pada 2 bulan pertama kehamilan, mungkin bukan tema kehamilan Anda karena efek samping mual, kelelahan, tidak bisa tidur. Namun, setelah melewati bulan ketiga, situasi akan berangsur-angsur berubah menjadi lebih positif. Rasa mual di pagi hari yang tidak menyenangkan berkurang.

Jika Anda belum makan tepat dalam 2 bulan terakhir, oke, Anda bisa masuk ke orbit mulai sekarang. Struktur makanannya masih 3 kali makan dan 2-3 snack per hari. Pada akhir bulan ke 3, Anda harus meningkat sekitar 0,4 sampai 1,7 kg. Setelah tonggak ini, Anda akan mendapatkan sekitar 0.5kg per minggu.

Tips nutrisi untuk bulan ini:

Biasakan makan lebih banyak sayur dan buah selama makan. Kurangi makanan ringan yang tidak bersahabat, kalori, rendah lemak seperti permen, makanan cepat saji, makanan olahan. Sebagai gantinya, pilihlah makanan kaya serat, vitamin dan mineral seperti kacang, buah kering.

Minumlah setidaknya 8 gelas air putih setiap hari. Selain itu, Anda bisa menambahkan cairan dari jus segar, sup, sup. Susu rendah lemak ini kaya akan kalsium hingga 3-4 gelas sehari.

Terus tambahkan vitamin, mineral dalam menu harian ibu hamil

4 / Nutrisi ibu hamil bulan ke-4

Pada bulan keempat, perut telah muncul. Ini juga ketika Anda harus lebih fokus pada mempertahankan dan memastikan makanan yang bervariasi dan seimbang. Selama ini, para ahli memperingatkan tentang makan makanan kaya zat besi. Peningkatan aliran darah yang mengarah ke kebutuhan zat besi yang tinggi.

sumber makanan yang kaya zat besi termasuk ayam, kacang-kacangan, sayuran hijau gelap. Untuk meningkatkan penyerapan zat besi, Anda harus menambahkan vitamin C dari lemon, jeruk, semangka, brokoli, paprika hijau dalam menu kita sehari-hari. Dokter Anda mungkin meminta Anda untuk minum besi akan selama kehamilan jika diperlukan.

Lebih penting lagi, benar-benar tidak melewatkan makan atau puasa. Setidaknya setelah 4 jam, beban bersalin makanan yang lebih sehat ke dalam tubuh untuk mencegah mual, mulas, kelelahan dan mengantuk.

5 / Nutrisi ibu hamil bulan ke-5

periode trimester 2 biasanya nyaman, paling menyenangkan dengan orang tua terpilih. Anda akan merasa energik dan dinamis dibandingkan dengan 3 bulan pertama atau 3 bulan terlambat. Dalam 4 bulan pertama kehamilan, Anda harus mendapatkan sekitar 3-4 kg sangat. Bulan lalu 5, harus meningkatkan 1,5-2kg.

Kali ini ibu terpilih tubuh mulai menjadi berat, sering disebabkan karena terlalu banyak volume airnya tubuh. Oleh karena itu, Anda harus membatasi asupan garam, mengurangi garam saat memasak, menghindari makanan tinggi garam seperti keripik kentang, makanan ringan olahan, acar, buah zaitun dan daging asap.

Selain itu, air minum biasa, 8 gelas per hari ditambah minuman sehat lainnya. Minum lebih banyak air untuk membantu menyaring cairan yang tidak perlu dalam tubuh, membantu memilih ibunya lebih lembut.

Dokter Anda mungkin meminta Anda untuk menambahkan kalsium dalam fase ini. kebutuhan kalsium meningkat selama kehamilan, sehingga terpilih harus memperhatikan minum 2 gelas susu dan tambahkan 2 porsi dari produk susu dalam menu makanan sehari-hari.

Pergi periode morning sickness, mual, sekarang Anda dapat merasa jauh nafsu makan. Hati-hati! Ini mungkin merupakan tanda bahwa Anda kurang dalam substansi, seperti ingin daging merah adalah tanda kekurangan zat besi. Namun, jika Anda mendambakan permen, cobalah untuk membatasi secara offline pemilu.

6 / Nutrisi ibu hamil bulan ke-6

Selamat Ibu terpilih, sampai akhir bulan ini, Anda telah menyelesaikan 2/3 dari jalan. Ini adalah waktu Anda merasa lapar terus-menerus karena bayi lebih besar dan membutuhkan lebih banyak nutrisi. Dari awal kehamilan hingga akhir bulan ke-6, Anda harus meningkatkan 6-8kg tersebut.

Saran tentang gizi untuk ibu hamil di bulan ini:

aplikasi kurva respon kelaparan dengan makanan sehat, terbaik di antara makanan pokok seperti sereal, sayuran, buah-buahan, susu, produk susu, daging dan kacang-kacangan, atau Anda dapat menambahkan lemak sehat.

-Pilih coklat karbohidrat yang mengandung makanan seperti gandum, beras, karena mereka kaya akan vitamin, mineral, serat membantu mencegah sembelit selama kehamilan.

7 / Nutrisi ibu hamil bulan ke-7

Anda telah memasuki trimester akhir, terjalin dengan sukacita karena akan selesai, pemilu masih menghadapi banyak efek samping dari kehamilan. Untuk lulus tahap ini lancar, Anda dapat berkonsultasi tips berguna berikut nutrisi:

-O hot: Tekanan dari rahim pada perut menciptakan asam di refluks lambung ke kerongkongan. Untuk mencegah sakit maag, Anda tidak boleh membiarkan perut kosong untuk waktu yang lama, dan kapan harus makan, tidak makan juga. Sebaliknya, makanan ringan bergizi 3 jam / kali, hindari gorengan, makanan berminyak dan pedas. Cobalah untuk tidur dengan bantal tambahan.

Masonry ekstremitas edema: Kemampuan tubuh air meningkat lebih natrium dari garam yang Anda muat di kaleng makanan, saus, acar, keripik kentang. Jadi ingat untuk tidak makan makanan jenis ini. Juga, olahraga, berjalan pelan ke aliran darah lebih lancar.

sembelit -Membuat selama kehamilan: Tingkat perubahan hormonal memperlambat proses pencernaan, sehingga Anda harus menambahkan lebih banyak serat untuk mencegah konstipasi. Minum banyak air juga penting!

Kelelahan dan meter mengantuk: Pada tahap ini, Anda rentan terhadap anemia yang berhubungan dengan gejala seperti kelelahan, mengantuk. Hal ini mungkin karena peningkatan aliran darah, tapi Anda tidak menambahkan cukup nutrisi penting. Oleh karena itu, Anda perlu makan banyak ayam, daging merah, kacang-kacangan, sayuran, dan jangan lupa untuk melengkapi vitamin C untuk penyerapan lebih mudah.

8 / Nutrisi ibu hamil bulan ke-8

Pemilihan mendekati akhir kehamilan. Sambil menunggu saat ajaib, mengapa tidak mengambil waktu untuk bersantai, bersantai dan menikmati sebanyak mungkin? Pada titik ini, Anda harus mulai peduli gizi yang baik untuk kedua janin dan menyusui nanti.

Pentingnya omega-3 pada trimester ketiga bisa dipungkiri. Pertumbuhan dan perkembangan otak bayi tercepat di tahap ini. Anda dapat menambahkan makanan yang kaya lemak sehat dari kacang-kacangan, kenari, salmon, … Konsultasikan dengan dokter Anda untuk omega 3 asupan dari sumber lain dari suplemen vitamin.

9 / Nutrisi ibu hamil bulan ke-

Kali ini akan cukup sibuk selama kehamilan untuk mempersiapkan kelahiran bayi, jadi makan sesuatu yang melalaikan tentu saja akan berlangsung. Padahal, dalam empat minggu terakhir, bayi tumbuh paling cepat dengan kecepatan tinggi. Itulah sebabnya gourmet masih harus menjaga beragam diet dan gizi.

Pada akhir September, Anda harus meningkat sekitar 11-15 kg dari awal kehamilan sampai sekarang. Saran berguna untuk voting dan bulan lalu adalah sebagai berikut:

  • Makan kecil sampai 5-6 kali bukan 3 kali makan. Hindari melewatkan makanan untuk jangka waktu yang lama.
  • Tambahkan lebih banyak makanan kaya kalsium untuk menjaga tulang tetap kuat, sambil mempersiapkan ASI formula.
  • Minum banyak air putih, hindari makanan asin untuk mencegah pembengkakan.
  • Cobalah untuk tidak makan makanan berlemak dan berminyak agar tidak terlalu banyak menurunkan berat badan.
  • Tambahkan lebih banyak lemak sehat.
  • Tambahkan sayuran, buah untuk mencegah sembelit.
  • Jangan lupa zat besi dalam makanan Anda untuk mencegah anemia, kekurangan zat besi.
  • Tambahkan 2 ons lemak ikan setiap minggu untuk melengkapi perkembangan otak omega-3 Anda.
  • Minum suplemen vitamin seperti yang ditentukan oleh dokter Anda.
  • Hindari makanan mentah, keju mentah, keju yang tidak dipasteurisasi untuk mencegah risiko penyakit, keguguran, kelahiran prematur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *