Sepenggal Sejarah Candi Gedong Songo

candi gedong songo

Sepenggal Sejarah Candi Gedong Songo – Bandungan, Semarang terdapat Candi Gedong Songo yang sangat terkenal. Semakin Modern jaman ini, candi ini juga semakin populer dan banyak di datangi wisatawan lokal maupun mancanegara. Keistimewaan lainnya Candi ini memiliki kurang lebih 30 Spot foto yang sudah bersebaran Instagram.

Jika anda datang ke Semarang untuk berlibur, salah satu Destinasi wisata yang dapat anda jadikan rujukan untuk singgah. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan antara lain, mengabadikan komplek candi, melihat uniknya arsitektur candi, dan belajar sejarah tentang Candi Gedong Songo ini. Oh iya selain itu pengujung juga dapat mampir ke pemandian air panas tak jauh dari area Candi Gedong Songo.

Sejarah Candi Gedong Songo

Candi ini merupakan candi peninggalan Hindu yang sudah ada di abad 9, yaitu pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra tahun 927 M.

Pada saat itu Candi yang ditemukan berjumlah 7 bangunga, lalu diberi nama Candi Gedong Pitu kala itu. Dan nama itu digunakan sampai tahun 1908 – 1911. Tak lama kemudian datanglah seorang ilmuan arkeolog yang melanjutkan penelitian selama tiga tahun, dimana berhasil menemukan 2 buah bagunan candi lagi.

Dan pada saat itu juga nama candi itu berubah menjadi Candi Gedong Songo. Adapun candi yang rusak di tata ulang dan di lakukan penyempurnaan oleh pemerintah Indonesia.

Lokasi Candi Gedong Songo

Untuk lokasi Candi ni berada di Krajan, Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Jika anda dari pusat kota Semarang berjarak 22,6 Km melalui Jl. Duwet dan Jl. Raya Ngempon. Agar tidak ribet anda bisa membuka Google maps karena menyediakan beberapa jalur yang bisa di lalui.

Gedong Songo – Ungaran : 25 km

Gedong Songo – Ambarawa : 15 km

Gedong Songo – Semarang : 45 km:

Harga Tiket Masuk 

Untuk harga tiket masuk ke Candi  ini cukup murah bagi wisatawan lokal yaitu Rp. 8000,- perorang, untuk wisatawan mancanegara Rp 75.000 perorang.

Adapun biaya tambahan untuk menikmati beberapa fasilitas, diantaranya

  • Naik kuda : Rp. 25.000,- perorang & Rp. 35.000,- perorang untuk wisatawan mancanegara.
  • Paket Air Panas : Rp. 60.000,- perorang & Rp. 70.000,- perorang untuk wisatawan mancanegara.

Adapun paket lainnya, dengan kisaran biaya Rp. 70.000 untuk lokal dan Rp. 35.000 – Rp. 90.000,- untuk wisatawan mancanegara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *