7 Gunung Indah Indonesia Yang Sering Dikunjungi Pendaki

Indonesia terkenal dengan gunung-gunung yang indah dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan dalam dan luar negri. Mendaki gunung bisa dijadikan kegiatan yang menyenangkan,selain berolahraga kita bisa menikmati pemandangan yang indah dan lebih dekat dengan alam.

Bagi kalian yang menyukai kegiatan mendaki,tentu kalian akan mencari berbagai rekomendasi mengenai gunung terbaik untuk didaki,inilah beberapa gunung yang sering dijadikan pendakian wisatawan.

1. Gunung Semeru, Jawa Timur (3.676 mdpl)

Gunung Semeru merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia,gunung ini juga dikategorikan sebagai gunung yang cukup berat untuk didaki, karena 500 meter dari puncak, akan ada bagian pendakian yang berbatu,penuh pasir dan tanjakan curam.

Tidak hanya itu di Gunung Semeru Memiliki beberapa mitos unik,salah satunya adalah mitos tanjakan cinta di Ranu Kumbolo, katanya jika bisa melewati tanjakan ini tanpa istirahat dan tidak menoleh kebelakang maka permohonan cintamu akan terwujud,karena itu tanjakan ini lebih dikenal dengan tanjakan cinta.

2. Gunung Merbabu, Jawa Tengah ( 3.145 mdpl)

Gunung Merbabu dikenal sebagai gunung dengan padang sabana terindah, untuk mencapai padang sabana pendaki harus melewati Jalur Selo, Jalur ini dikenal sebagai jalur terindah yang ada di Merbabu .

Gunung Merbabu memiliki memiliki tiga puncak tertinggi yaitu puncak Syarif, Keteng Songo dan Triangulasi yang menjadi puncak paling tinggi diantara ketiganya,Banyak mitos yang beredar di gunung ini, ada beberapa titik yang menajdi peninggalan Prasejarah Megalitikum yang dijadikan sebagai tempat yang sakral bagi masyarakat.

3 . Gunung Kerinci, Jambi ( 3.805 mdpl)

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia seletah Cartenz Pyramid di pegunungan Jayawijaya Papua. Gunung Kerinci terletak di Jambi berbatasan dengan Sumatera Barat, Gunung ini biasa disebut atap Sumatera,karena posisi puncaknya adalah posisi tertinggi di Pulau Sumatera seakan dapat menyentuh atap pulau Sumatera .

4. Gunung Gede & Pangrango, Jawa Barat ( 2.958 & 3.019 mdpl)Dua gunung ini menjadi satu dalam satu wilayah yaitu Taman Nasional Gede Pangrango (TNGGP), Gunung Gede Pangrango terletak di 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi. Gunung Gede juga memiliki tempat terbaik untuk menikmati Edelweiss yaitu di Alun-alun Surya Kencana, area ini juga sering dijadikan tempat camping oleh para pendaki.

Meski sering dianggap menyatu Gunung Gede dan Gunung Pangrango sebenarnya terpisah, tetapi kedua puncak gunung ini dihubungkan oleh punggung gunung serupa sadel pada ketinggian sekitar 2.400 mdpl.

5. Gunung Bromo, Jawa Timur (2.845 mdpl)

Gunung Bromo adalah gunung yang paling terkenal di Jawa Timur dengan kunjungan yang paling ramai setiap tahunnya, Gunung Bromo bisa dibilang sebagai permata di Jawa Timur,keindahan alam Bromo akan terpancar saat matahari terbit,inilah yang menakjubkan dari gunung Bromo.

6. Gunung Rinjani, Lombok ( 3.273 mdpl)

Rinjani dalam bahasa Jawa kuno berarti Tuhan,karena itu Rinjani dijadikan tempat yang sakral oleh masyarakat Bali Lombok, sebagai tempat pemujaan para umat Hindu. Didalam kawasan gunung Rinjani Terdapat danau indah dan gunung kecil yang masih aktif yaitu danau Segara Anak,selain itu terdapat gua-gua cantik di gunung ini,ada 3 gua yang terkenal yaitu Gua Susu,Gua Payung dan Gua Manik.

7. Gunung Papandayan, Jawa Barat ( 2.665 mdpl)

Gunung yang terletak di Garut Jawabarat ini merupakan salah satu gunung favorite setiap orang,karena lokasinya yang cukup dekat dan dapat didaki dalam 2 hari, gunung ini sangat cocok untuk pendaki pemula. Keunikan dari gunung ini terletak di bagian kawah nya, dan yang lebih menarik dari gunung ini yaitu hutan mati dan padang Edelweiss yang berada di Tegal Alun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *